Thursday, December 6, 2012

Definisi Hypnosis

Saat ini ada ribuan atau mungkin jutaan orang yang berprofesi sebagai Praktisi Hypnosis atau Hypnotherapy di seluruh dunia. Namun sampai sekarang belum ada satu definisi yang dapat menjelaskan apa sebenarnya yang dimaksud dengan Hypnosis.

Istilah Hypnosis sendiri belum dikenal sebelum tahun 1841. Adalah seorang ahli bedah berkebangsaan Skotlandia yang bernama James Braid yang pertama kali menggunakan istilah Hypnosis. Kata Hypnosis sendiri diambil dari bahasa Yunani "Hypnos" yang berarti tidur. James Braid mendasarkan prakteknya pada Mesmerism atau Animal Magnetism yang dikembangkan oleh Franz Anton Mesmer dan pengikutnya, namun memiliki perbedaan tentang bagaimana hal (Hypnosis) tersebut bekerja.

James Braid mendeskripsikan Hypnosis sebagai keadaan relaksasi fisik yang disertai dan diinduksi oleh konsentrasi mental.

Selain itu, masih ada beberapa definisi dari Hypnosis, seperti beberapa contoh berikut:

Merriam-Webster Dictionary: keadaan mirip trance dari kesadaran yang diubah sehingga menyerupai tidur yang sebenarnya disebabkan oleh sugesti-sugesti yang diberikan seseorang dan diterima oleh Subyek.

Roy Hunter, M.S., CHt.: sebuah kondisi Trance yang dibimbing oleh seseorang atau sesuatu diluar dari seseorang yang mengalami Trance tersebut.

Calvin D. Banyan & Gerald F. Kein: sebuah kondisi fokus secara mental yang memungkinkan seseorang untuk menerima sugesti para level bawah sadar. Lebih lanjut dapat didefinisikan sebagai bypass faktor kritis dari pikiran dan penerimaan terhadap hal-hal tertentu yang dapat diterima.